Writen by ukyberbagiilmu.blogspot.com
1.
Menuliskan Identitas Mata Pelajaran, yang meliputi:
a. Satuan Pendidikan;
b. Kelas/Semester;
c. Mata Pelajaran/Tema Pelajaran;
d. Jumlah Pertemuan.
2.
Menuliskan Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi
kemampuan minimal
peserta didik yang menggambarkan penguasaan
pengetahuan, sikap,
dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada
setiap kelas
dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
Pada bagian ini dituliskan standar kompetensi
mata pelajaran,
cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau
silabus
pembelajaran yang telah dibuat guru.
3.
Menuliskan Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang
harus dikuasai
peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
sebagai rujukan
penyusunan indikator kompetensi dalam suatu mata
pelajaran.
Pada bagian ini dituliskan kompetensi dasar yang
harus dimiliki
peserta didik setelah proses pembelajaran
berakhir, cukup dengan
cara mengutip pada standar isi atau silabus
pembelajaran yang
telah dibuat guru.
4.
Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat
diukur dan/atau
diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian
kompetensi dasar
tertentu yang menjadi acuan penilaian mata
pelajaran.
Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat
diamati dan
diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan
keterampilan.
Contoh kata kerja operasional antara lain
mengidentifikasi,
menghitung, membedakan, menyimpulkan,
menceritakan kembali,
mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan
mendeskripsikan.
Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan
oleh guru dengan
memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap
peserta
didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan
menjadi dua
atau lebih indikator pencapaian hasil belajar dan
disesuaikan
dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar
tersebut.
Indikator dikembangkan oleh guru sekolah sesuai
dengan kondisi
daerah dan sekolah masing-masing. Dalam membuat
indikator ini,
guru juga perlu melihat KD yang sama di kelas
sebelum dan
sesudahnya agar lebih tepat dalam menentukan
indikator sesuai
dengan kelas di mana KD tersebut diajarkan.
5.
Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan
hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensi
dasar.
Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK, KD,
dan Indikator yang
telah ditentukan. Tujuan ini difokuskan
tergantung pada indikator
yang dirumuskan dari SK dan KD pada Standar Isi
mata pelajaran
matematika yang akan dipelajari siswa.
6.
Materi Ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur yang
relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir
sesuai dengan rumusan
indikator pencapaian kompetensi.
7.
Menuliskan Materi Prasyarat
Materi Prasyarat ini merupakan materi atau
kompetensi yang harus
sudah dimiliki atau dikuasai siswa yang berkaitan
dengan materi
atau kompetensi yang akan dipelajari. Dalam
pembelajaran
matematika, materi prasyarat ini sangat perlu,
karena dalam
pembelajaran matematika antara materi satu dengan
yang lain
saling berkaitan satu sama lain. Pada proses
pembelajaran,
kompetensi ini dapat diukur melalui kegiatan
pendahuluan.
8.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan
untuk
pencapaian KD dan beban belajar.
9.
Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk
mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik
mencapai kompetensi dasar atau seperangkat
indikator yang telah
ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran
disesuaikan dengan
situasi dan kondisi peserta didik serta
karakteristik dari setiap
indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada
setiap mata
pelajaran. Pada bagian ini dituliskan semua
metode yang akan
digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
10.
Merumuskan kegiatan pembelajaran
a.
Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu
pertemuan
pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan
motivasi
dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk
berpartisipasi
aktif dalam proses pembelajaran. Pada pendahuluan
ini secara
garis besar dapat memuat hal-hal sebagai berikut.
1) Deskripsi singkat;
Deskripsi singkat adalah penjelasan singkat
(secara global)
tentang isi pelajaran yang berhubungan dengan
kompetensi
yang diharapkan. Hal ini dimaksudkan agar pada
permulaan
kegiatan belajarnya, siswa telah mendapat jawaban
secara
global tentang isi pelajaran yang akan
dipelajari.
2) Relevansi;
Relevansi adalah kaitan isi pelajaran yang sedang
dipelajari
dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa atau
dengan
pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari. Dalam
hal ini dapat
juga dengan mengingatkan kembali materi prasyarat
(apersepsi).
3) Tujuan/kompetensi;
Tujuan adalah kemampuan atau kompetensi yang akan
dicapai
siswa pada akhir proses belajarnya.
4) Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara
belajar.
b.
Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk
mencapai
KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara
interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang
cukup bagi
prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat,
minat, dan perkembangan fisik serta psikologis
peserta didik.
Kegiatan inti ini dilakukan secara sistematis dan
sistemik melalui
proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Pada kegiatan inti ini siswa mendapat fasilitas
atau bantuan
untuk mengembangkan potensinya secara optimal.
Pada kegiatan
inti secara garis besar berlangsung hal-hal
berikut.
1) Memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah
(soal)
yang nyata (riil) bagi siswa sesuai dengan
pengalaman dan
tingkat pengetahuannya, sehingga siswa segera
terlibat dalam
pelajaran secara bermakna;
2) Permasalahan yang diberikan tentu harus
diarahkan sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai dalam
pembelajaran;
3) Siswa mengembangkan model-model simbolik
secara informal
terhadap persoalan/masalah yang diajukan;
4) Pembelajaran berlangsung secara interaktif,
dimana siswa
menjelaskan dan memberikan alasan terhadap
jawaban yang
diberikannya, memahami jawaban temannya (siswa
lain),
menyatakan setuju atau ketidaksetujuannya, dan
mencari
alternatif yang lain.
c.
Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
mengakhiri
aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam
bentuk
rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan
refleksi, umpan balik,
dan tindak lanjut, yaitu seperti berikut.
1) Penarikan kesimpulan dari apa-apa yang telah
dipelajari
dalam pembelajaran sesuai tujuan yang akan
dicapai;
2) Melakukan refleksi terhadap setiap langkah
yang ditempuh
atau terhadap hasil pembelajaran;
3) Pemberian tugas atau latihan.
11. Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil
belajar
disesuaikan dengan indikator pencapaian
kompetensi dan mengacu
kepada standar penilaian.
12. Menentukan Media/Alat/Bahan/Sumber
Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar
kompetensi dan
kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan
pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi. Pada bagian ini
dituliskan semua
media/alat/bahan/sumber belajar yang digunakan
selama proses
pembelajaran berlangsung.
^_^ Salam hangat ukyberbagiilmu.blogspot.com dan Semoga Bermanfaat.
^_^
0 komentar:
Posting Komentar